Departure Card Thailand, nyawa selama di negeri Gajah Putih

Menuju ke Thailand bisa menggunakan beberapa cara, pesawat atau bus. Tapi karena Indonesia terpisah jauh sekali dengan Thailand rasanya belum mungkin kalau kita bisa menggunakan bus dari jakarta sampai ke negeri gajah putih itu.

Rute favorit para pelancong Indonesia adalah direct flight dari Jakarta sampai ke Bangkok, atau kota lainnya di Thailand. Dan sebelum landing, pramugari pasti akan memberikan pada kita selembar Departure card resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah Thailand bagi para turis yang berkunjung ke negara mereka. Terdiri dari 2 lembar yang akan dirobek untuk pihak imigrasi nanti dan harus kamu isi selengap-lengkapnya dan sebenar-benarnya.

Begitupun dengan imigrasi via darat. Saya mencoba melewati imigrasi Sadao yang berbatasan dengan Malaysia di long holiday kemarin dan bedanya departure card ini harus diambil sendiri didepan kantor imigrasi Thailand tersebut.

IMG_4917

Penampakan Departure Card Thailand

Saat tiba di wilayah Thailand nanti, petugas imigrasi akan meminta departure card ini dan akan dirobek untuk pihak imigrasi 1 dan untuk kamu 1. Departure card ini bagaikan nyawa kamu di Thailand, harus disimpan dengan benar! Beberapa tempat penginapan gak akan menerima kamu menginap di tempat mereka jika kamu gak punya potongan departure card ini. Ngerinya, kamu juga gak bisa keluar bandara kalau kehilangan kertas ini. Untuk lebih secure bisa kamu steples di lembar passport  kamu, biar gak hilang.

Departure card ini terdiri dari bbeberapa form formal seperti biasa, tertulis juga berapa hari kaamu akan mengunjungi Thailand. gak harus sama persis dengan itinerary kamu kok, karena cap passport yang kamu akan terima tetap saja 30 hari. Yang membuat keabsahan departure card ini terjamin adalah adanya cap stempel dari  pihak imigrasi di kartu tersebut.

Saat pertama kali ke Thailand saya gak tau apa apa tentang departure card ini, dan hasilnya saya kurang lengkap mengisi form tersebut dan harus mengulang kembali ke barisan belaang antrian yang super panjang itu. daripada membuang waktu untuk mengantri kembali, lebih baik mengisi departure card dengan lengkap sebelum menghadap ke petugas imigrasi, kan?

Tinggalkan komentar